3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah

: SMP

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

Kelas /Semester

: VII/1

Standar Kompetensi

: Membaca

3 Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca

Kompetensi Dasar

: 3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit

Indikator

1. Siswa mampu membaca cepat 200 kata per menit

2. Siswa mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan

3. Siswa mampu menentukan pokok-pokok bacaan

4. Siswa mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan

Alokasi Waktu

: 2 X 40 menit ( 2 pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu membaca cepat 200 kata per menit dan bisa menyimpulkan isi bacaan

  1. Materi Pembelajaran

  1. Teks bacaan

  2. Simpulan isi bacaan

  1. Metode Pembelajaran

    1. Penugasan
    2. Tanya jawab
    3. Diskusi
    4. Inkuiri

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

    1. Kegiatan awal

      1. Siswa menerima penjelasan kompetensi dasar yang akan dipelajari.

      2. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang pentingnya membaca cepat

      3. Siswa menentukan pasangan dengan teman sebangku atau teman yang lain untuk berlatih membaca cepat.

    1. Kegiatan inti

  1. Setiap bangku, siswa dibagi menjadi dua kelompok, kelompok /deret kanan dan kelompok/deret kiri.

  2. Siswa deret kanan diberi teks bacaan dalam keadan terbalik, siswa pada deret kiri menyiapkan alat ukur dengan menggunakan stopwatch atau jam.

  3. Siswa deret kanan dipersilakan membaca setelah mendapat aba-aba “mulai” dari guru dan siswa deret kiri mengukur waktu yang diperlukan siswa pasangannya. Saat membaca siswa tidak diperkenankan mengulang, dan bersuara.

  1. Siswa yang telah selesai membaca mengatakan “selesai” kepada teman pasangannya dan membalik teks bacaan tersebut. Teman pasangannya agar menyampaikan waktu (dalam ukuran detik) kepada teman yang telah selesai membaca.

  2. Setelah itu siswa dipersilakan berganti tugas. Siswa deret kiri membaca teks bacaan dan siswa di sebelah kanan yang mengukur waktu dengan stopwatch atau jam.

  3. Siswa yang telah selesai membaca mengatakan “selesai” kepada teman pasangannya dan membalik teks bacaan tersebut. Teman pasangannya agar menyampaikan waktu (dalam ukuran detik) kepada teman yang telah selesai membaca.

  4. Siswa menyerahkan teks bacaan tersebut kepada guru.

  5. Setiap siswa menjawab soal yang telah disiapkan guru.

  6. Setelah semua siswa selesai menjawab, soal dikumpulkan kembali.

  7. Siswa dipersilakan menukarkan pekerjaannya dengan teman di sebelahnya. Dengan bimbingan guru, siswa saling memeriksa pekerjaan temannya.

  8. Siswa mengukur kecepatan membacanya.

  9. Secara berkelompok siswa mencatat pokok-pokok bacaan

  10. Secara berkelompok siswa menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan

  11. Perwakilan kelompok mempresentasikan kesimpulan isi bacaan.

  12. Kelompok lain memperhatikan dan memberikan tanggapan

    1. Kegiatan akhir

1. Siswa dan guru menyimpulkan tentang cara-cara membaca cepat yang tepat.

          1. Siswa menerima tugas untuk berlatih membaca cepat di rumah.

  1. Sumber belajar

    1. Surat kabar

    2. Buku pelajaran bahasa

  1. Penilaian

a. Teknik : Tes unjuk kerja

b. Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur dan produk

c. Soal/instrumen

1) Bacalah teks yang tersedia setelah ada aba-aba “mulai” dari guru dan teman sebelahmu akan menghitung waktu yang diperlukan dengan menggunakan stopwatch! Lakukan kegiatan tersebut secara bergantian! (Bacaan terlampir)

    1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memberikan tanda silang (X) pada lembar jawab yang tersedia! (Soal terlampir)

    1. Tuliskan pokok-pokok bacaan itu kemudian simpulkan isi bacaan tersebut !

Rubrik Penilaian Membaca Cepat

K

B

Rumus =

—–

X

—-

= …..kpm

Wm

SI

Pedoman penilaian

No

Kegiatan

Skor

1

2

3

Siswa menyusun pokok-pokok bacaan secara runtut

Siswa menyusun pokok-pokok bacaan tapi tidak runtut

Siswa tidak dapat menuliskan apa-apa

2 1

0

Jakarta, 5 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran,

Kepala Sekolah,

Drs. H. Jamal Mirdad

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: