3.3 Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah

: SMP

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

Kelas /Semester

: VII/1

Standar Kompetensi

: Membaca

3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca

Kompetensi Dasar

: 3.3 Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

Indikator

    1. Mampu mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara

    2. Mampu memberi tanda-tanda intonasi pada teks perangkat upacara

    3. Mampu membacakan berbagai teks perangkat upacara bendera dengan intonasi yang tepat

Alokasi Waktu

: 2 X 40 menit ( 2 pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

  1. Materi Pembelajaran

Pembacaan teks perangkat upacara

    1. Pembukaan UUD 45

    2. Janji Siswa

    3. Doa

  1. Metode Pembelajaran

    1. Pemodelan

    2. Inkuiri

    3. Diskusi

    4. Demonstrasi

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

    1. Kegiatan awal

        1. Siswa memperhatikan tayangan rekaman upacara bendera.

        2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang pembacaan perangkat upacara dalam tayangan tersebut.

        3. Siswa membentuk kelompok masing-masing terdiri atas tiga orang anggota.

    1. Kegiatan Inti

  1. Siswa mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
  2. Siswa membaca dan mencermati teks perangkat upacara yang berupa Pembukaan UUD 45, Janji Siswa, dan Doa

  3. Siswa memberi tanda-tanda intonasi pada teks perangkat upacara Pembukaan UUD 45, Janji Siswa, dan Doa
  4. Setiap kelompok membagi tugas pembacaan teks perangkat upacara; siapa yang membacakan Pembukaan UUD 45, Janji Siswa, dan Doa.
  5. Siswa berlatih membacakan teks perangkat upacara Pembukaan UUD 45, Janji Siswa, dan Doa

  6. Siswa dan guru menyepakati format penilaian membacakan teks perangkat upacara

  7. Secara bergiliran, setiap kelompok tampil membacakan berbagai teks upacara bendera dengan intonasi yang tepat

  8. Kelompok lain mengamati dan memberikan penilaian.

    1. Kegiatan Akhir

Siswa dan guru bertanya jawab tentang kendala membacakan berbagai teks upacara bendera.

Pertemuan Kedua

  1. Kegiatan awal

      1. Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan membacakan teks upacara bendera sebelumnya.

      2. Siswa berkelompok kembali sesuai dengan kegiatan sebelumnya.

  1. Kegiatan Inti

      1. Kelompok yang belum tampil secara bergiliran membacakan teks perangkat upacara Pembukaan UUD 45, Janji Siswa, dan Doa.

      2. Kelompok lain mengamati dan memberikan penilaian.

      3. Siswa menentukan kelompok dan siswa pembaca teks perangkat upacara terbaik.

      4. Kelompok dan siswa pembaca teks perangkat upacara terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman.

  1. Kegiatan Akhir

      1. Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara membacakan teks perangkat upacara Pembukaan UUD 45, Janji Siswa, dan Doa yang baik.

      2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang manfaat membacakan teks perangkat upacara.

  1. Sumber Belajar

    1. VCD

    2. Teks Perangkat Upacara (Pembukaan UUD 45, Janji Siswa, dan Doa)

    3. Buku Kegiatan Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Jilid VII A, Penulis Bambang Sugianto, dkk., Penerbit MGMP Bahasa Indonesia Kodya Jakarta Pusat.

    4. Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VII, Penulis Nurhadi, dkk., Penerbit Erlangga.

  1. Penilaian

a. Teknik : Tes tulis dan tes unjuk kerja.

b. Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur dan produk

c. Soal /Instrumen :

  1. Identifikasikan tiga teks perangkat upacara!

Pedoman Penskoran:

    • Bila siswa dapat menyebutkan tiga teks perangkat upacara : 3

    • Bila siswa dapat menyebutkan dua teks perangkat upacara : 2

    • Bila siswa dapat menyebutkan satu teks perangkat upacara : 1

2) Berilah tanda-tanda intonasi pada teks perangkat upacara (Pembukaan UUD 45, Janji Siswa, dan Doa) dengan tepat!

Pedoman Penskoran:

    • Bila pemberian tanda-tanda intonasi pada ketiga teks perangkat upacara tepat : 3

    • Bila pemberian tanda-tanda intonasi hanya pada dua teks perangkat upacara tepat : 2

    • Bila pemberian tanda-tanda intonasi hanya pada satu teks perangkat upacara tepat : 1

  1. Bacakanlah teks perangkat upacara bendera (Pembukaan UUD 45, Janji Siswa, dan Doa) dengan intonasi yang tepat!

Berilah tanda cek (Ö) pada kolom nilai 1, 2, 3, atau 4 dengan ketentuan: 1 = kurang; 2 = sedang; 3 = baik; 4 = sangat baik.

Rubrik Penilaian Membacakan Teks Perangkat Upacara

Nama Kelompok : ………………………………..

Nama siswa : ………………………………..

Tanggal : ……………………………….

Nama Perangkat : ……………………………….

No.

Aspek

Deskriptor

1

2

3

4

1

Pelafalan

Pelafalan kata secara jelas dan tepat

2

Jeda dan Intonasi

Pengaturan jeda, tinggi-rendah nada, keras- lemah suara, dan cepat-lambat cerita

3

Mimik

Keserasian antara ekspresi wajah, sikap, dan ucapan

Penghitungan nilai akhir dalam skala 0—100 adalah sebagai berikut.

Perolehan Skor

Nilai akhir =

————————

X

Skor Ideal (100)

= . . .

Skor Maksimum (12)

Jakarta, 5 Juli 2006

Mengetahui Guru Mata Pelajaran,

Kepala Sekolah,

Drs. H. Jamal Mirdad

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: