7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah

:

SMP NEGERI 25 BANJARMASIN

Mata Pelajaran

:

BAHASA INDONESIA

Kelas / Semester

:

VII / 1

Standar Kompetensi

:

7.

Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca

Komepetensi Dasar

:

7.2

Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

Indikator

:

  • Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari

  • Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

Alokasi Waktu

:

4 X 40 menit (2 x pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat:

  1. menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari

  2. mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

  1. Materi Pembelajaran

Cara berkomentar terhadap buku cerita dan implementasinya

  1. Metode Pembelajaran

  1. Tanya jawab

  2. Diskusi

  3. Penugasan

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama

    1. Kegiatan awal

  1. Bertanya jawab tentang cerita anak

  2. Memberitahukan kompetensi yang akan dibicarakan

  3. Membentuk kelompok

  1. Kegiatan Inti

    1. Membaca cerita anak

    2. Menandai hal-hal yang akan dikomentari

    3. Berdiskusi untuk menentukan bagian/unsur yang perlu dikomentari dari buku cerita

  1. Kegiatan Akhir

  1. Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang baru berlangsung

  2. Pemberian tugas kepada siswa untuk membuat buku harian sebagai pengayaan

Pertemuan kedua

    1. Kegiatan awal

  1. Bertanya jawab tentang cerita anak

  2. Memberitahukan kompetensi yang akan dibicarakan

  3. Membentuk kelompok

  1. Kegiatan Inti

    1. Mengomentari buku cerita yang dibaca dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

  1. Kegiatan Akhir

  1. Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang baru berlangsung

  2. Pemberian tugas kepada siswa untuk membuat buku harian sebagai pengayaan

  1. Sumber Belajar

    1. Buku cerita anak

    2. Buku Pelajaran Bahasa Indonesia

  1. Penilaian

    1. Teknik : Penugasan

    2. Bentuk Instrumen : Tugas Rumah

    3. Soal/Instrumen:

  1. Tentukanlah bagian/unsur buku cerita yang perlu dikomentari

  2. Bagaimanakah komentarmu mengenai buku cerita yang baru saja kamu baca? Kemukakan hal itu dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun!

    1. Pedoman Penskoran

Rubrik penilaian

Nama Kelompok :

Kelas :

NO.

ASPEK PENILAIAN

SKOR MAX

SKOR PEROLEHAN

1.

Ketepatan menentukan unsur buku cerita yang perlu dikomentari

  • Unsur yang dikomentari meliputi lima (5) unsur yang terdiri dari tema, amanat, latar, alur, dan perwatakan

  • Hanya 3 unsur yang dikomentari

  • Kurang dari 3 unsur yang dikomentari

5

3

1

2.

Keefektifan penggunaan bahasa dalam mengomentari buku cerita anak

  • Komentar disampaikan dengan bahasa yang lancar dan jelas

  • Komentar disampaikan dengan bahasa yang kurang lancar dan kurang jelas

  • Komentar disampaikan tidak lancar dan tidak jelas

5

3

1

Nilai Siswa diperoleh dengan rumus sebagai berikut:

Skor Perolehan

Skor Maksimal

Nilai = X 100

Format Observasi

No.

Nama Siswa

Keseriusan

Kerjasama

Keberanian

Keaktifan

5

4

3

2

1

5

4

3

2

1

5

4

3

2

1

5

4

3

2

1

1.

2.

3.

Keterangan:

Sangat Baik = 5

Baik = 4

Cukup = 3

Kurang = 2

Sangat Kurang = 1

Mengetahui Banjarmasin, ……………..2006

Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,

………………………………..

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: