8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SMP

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester : VII/1

Standar Kompetensi : 8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan mendongeng

Kompetensi Dasar : 8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun

Indikator :

  1. mampu menentukan syarat-syarat pantun
  2. mampu menulis pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun
  3. mampu menyunting pantun karya temannya.

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 1 kali pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menentukan syarat-syarat pantun.

2. Siswa dapat menulis pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun.

3. Siswa mampu menyunting pantun karya temannya.

B. Materi Pembelajaran

Penulisan pantun:

  1. Syarat-syarat pantun

  2. Cara penulisan pantun

C. Metode Pembelajaran

1. Pemodelan

2. Tanya jawab

3. Tugas

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Awal

a. Siswa diajak menyanyikan lagu yang berbentuk pantun.

b. Siswa menuliskan syair lagu

c. Siswa mengidentifikasi jumlah baris, bentuk sajak, jumlah kata, letak sampiran dan isinya.

  1. Kegiatan Inti

    1. Siswa mencermati sebuah pantun yang telah disiapkan kemudian mengidentifikasi jumlah baris, sajak, jumlah kata, letak sampiran dan isi.

    2. Siswa menyimpulkan persyaratan pantun setelah mencermati persamaan antara lagu dengan pantun yang dibaca.
    3. Siswa menulis pantun dengan tema nasihat yang berbalasan dengan teman sebangku.
    4. Siswa menyunting pantun karya temannya sesuai dengan syarat-syarat pantun.

3. Kegiatan Akhir

a. Siswa saling menilai kebenaran pantun dengan format yang disiapkan.

b. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil penilaiannya.

E. Sumber Belajar

  1. Buku Paket Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VII, Penerbit Rahardi.

  2. Buku Sastra Lama, karya Zuber Usman.

F. Penilaian

1. Teknik : portofolio

2. Bentuk instrumen : dokumen pantun

3. Soal/ instruumen :

  1. Buatlah sebuah pantun jenaka berbalasan sebanyak dua bait.

  2. Perhatikan apakah pantunmu tetap memenuhi syarat pantun dengan menggunakan pedoman di bawah ini.

No.

Aspek

Ya

Tidak

1

2

3

4

5

Jumlah baris tiap bait 4

Sajaknya a-b-a-b

Jumlah suku kata 8—12 setiap baris

Letak sampiran pada baris I dan II

Letak isi pantun pada baris III dan IV

Pedoman Penskoran

Penghitungan nilai akhir dalam skala 0—100 adalah sebagai berikut.

  1. betul 1 skor 20

  2. betul 2 skor 40

  3. betul 3 skor 60

  4. betul 4 skor 80

  5. betul 5 skor 100

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: