2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP Negeri Samarinda

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas /Semester : VII/1

Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan

bercerita dan menyampaikan pengumuman.

Kompetensi dasar : 2.1. Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan

menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif.

IIndikator :

    1. Siswa dapat mengindentifikasi pengalaman yang mengesankan.

    2. Siswa dapat menentukan pengalaman yang paling mengesankan dari daftar pengalaman yang diidentifikasi.

    3. Siswa dapat menyusun pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

    4. Siswa dapat menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pokok-pokok cerita yang disusun dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif.

Alokas Waktu : 4 X 40 menit

      1. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif.

      1. Materi Pembelajaran

        1. Daftar pengalaman siswa

        2. Cara menyampaikan cerita

        3. Bercerita

      1. Metode

        1. Pemodelan

        2. Inkuiri

        3. Demontrasi

      1. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama

        1. Kegiatan awal

          1. Siswa mencermati cerita pengalaman dari narasumber

          2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang isi cerita pengalaman

          3. Siswa menidentifikasi kebermaknaan

        1. Kegiatan inti

  1. Siswa mengidentifikasi pengalaman masing-masing

  2. Siswa memilih pengalaman yang paling mengesankan

  3. Siswa mendiskusikan pengalaman yang paling mengesankan untuk ditentukan sebagai bahan cerita.

  4. Siswa mengidentifikasi pokok-pokok pengalaman yang paling mengesankan

  5. Siswa menyusun pokok-pokok pengalaman yang paling mengesankan sebagai bahan cerita.

  6. Siswa dan guru menyepakati format penilaian bercerita

  7. Siswa berlatih menceritakan pengalaman sesuai dengan pokok-pokok pengalaman yang disusunnya.

  8. Siswa menceritakan pengalaman masing-masing secara individu

        1. Kegiatan akhir

Siswa dan guru melakukan refleksi

Pertemuan kedua

  1. Kegiatan awal

    1. Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan bercerita sebelumnya.

    2. Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya.

  1. Kegiatan inti

    1. Siswa mencerita pengalaman secara individu

    2. Beberapa siswa dan guru menilai siswa yang tampil

    3. Secara bergantian siswa menilai temannya yang tampil dan memberikan komentar

    4. Siswa dan guru menentukan tiga pencerita terbaik

    5. Tiga pencerita terbaik mendapatkan pengharghaan dari guru dan teman-teman

  1. Kegiatan akhir

    1. Siswa dan guru merangkum dan emnyimpulkan cara bercerita yang baik.

    2. Siswa dan guru melakukan refleksi

      1. Sumber Belajar

        1. Bagan identifikasi pengalaman

        2. Gambar

        3. Bukun Pelajaran Bahasa Indonesia

      1. Penilaian

1. Teknik : Tes unjuk kerja

2. Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur dan produk

3. Soal / instrumen

  1. Identifikasilah tiga pengalamanmu yang paling mengesankan!

Pedoman penskoran

  1. Skor 2 jika siswa menuliskan 3 pengalaman

  2. Skor 1 jika siswa menuliskan 1 atau 2

  3. Siswa tidak menuliskan apa-apa

  1. Tentukan satu pengalaman yang kamu anggap paling mengesankan dari daftar yang telah kamu buat untuk diceritakan!

Pedoman penilaian

  1. Skor 1 jika siswa menentukan satu pengalaman yang mengesankan

  2. Skor 0 jika siswa tidak menulis apa-apa

  1. Susunlah pokok-pokok cerita pengalaman yang paling mengesankan itu dengan runtut!

Pedoman penilaian

  1. Skor 2 jika siswa menyusun pokok-pokok cerita pengalaman dengan runtut

  2. Skor 1 jika siswa menyusun pokok-pokok cerita pengalaman tidakruntut

  1. Ceritakan secara lisan pengalaman yang paling mengesankan itu berdasarkan pokok-pokok cerita yang telah kamu susun dengan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif!

Pedoman penilaian

  1. Kesesuaian isi

(1) Skor 3 jika isi cerita sangat sesuai dengan pokok-pokok cerita yang disusun

(2) Skor 2 jika isi cerita sesuai dengan pokok-pokok cerita yang disusun

(3) Skor 1 jika isi cerita kurang sesuai dengan pokok-pokok cerita yang disusun

  1. Kesesuaian visualisasi

    1. Skor 3 jika visualisasi sangat mendukung isi cerita

    2. Skor 2 jika visualisasi mendukung isi cerita

    3. Skor 1 jika visualisasi kurang mendukung isi cerita

  1. Pelafalan

    1. Skor 3 jika pelafalan kata jelas dan tepat

    2. Skor 2 jika pelafalan kata kurang jelas dan tepat

    3. Skor 1 jika pelafalan kata tidak jelas dan tepat

  1. Jeda dan intonasi

    1. Skor 3 pengaturan jeda, tinggi rendah nada, keras lemah suara, dan cepat lambatnya sangat tepat

    2. Skor 2 pengaturan jeda, tinggi rendah nada, keras lemah suara, dan cepat lambatnya kurang tepat

    3. Skor 3 pengaturan jeda, tinggi rendah nada, keras lemah suara, dan cepat lambatnya tidak tepat

Lembar Penilaian

Hari/tanggal : ………………….

Judul cerita : ………………….

No

Nama

Kesesuaian isi

Kes. visualisasi

Pelafalan

Jeda dan intonasi

JML

1

2

3

1

2

3

1

2

3

1

2

3

1

2

3

4

Jakarta, 4 Juli 2006

Guru Mata Pelajaran,

Ali Murni

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: