2.2 Menyampaikan pengumumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/I
Aspek : Berbicara
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
Kompetensi Dasar : 2.2. Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
Indikator:
-
-
- Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
- Mampu merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman
- Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat lugas dan sederhana
-
Alokasi waktu : 6 x 40 menit (3 pertemuan)
-
- Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
-
- Materi Pembelajaran
- Pokok-pokok pengumuman
- Penyampaian pengumuman dengan intonasi yang benar
- Penyampaian pengumuman dengan kalimat yang lugas
-
- Metode Pembelajaran
- Pemodelan
- Inkuiri
- Demonstrasi
- Diskusi
- Penugasan
-
- Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
- Pertemuan Pertama (2 x 40 menit)
- Kegiatan Awal
- Siswa diajak melihat pengumuman yang ada di koran.
- Siswa dan guru bertanya jawab tentang berbagai jenis dan fungsi pengumuman yang sering ditemukan di surat kabar, majalah, atau dipasang di pengumuman atau di tempat-tempat umum.
- Siswa membentuk kelompok.
- Kegiatan Inti
- Siswa membaca dan mencermati beberapa contoh teks pengumuman yang dibagikan guru
- Siswa berdiskusi menemukan perbedaan isi pengumuman
- Siswa berdiskusi menemukan pokok-pokok pengumuman yang ada pada contoh teks pengumuman
- Siswa mempresentasikan hasil temuannya mengenai pokok-pokok berita yang ada dalam contoh teks pengumuman. Kelompok lain menanggapi.
- Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi
- Siswa mendapat tugas mencari pengumuman-pengumuman di sekitar rumah
- Kegiatan Awal
- Pertemuan Kedua
- Kegiatan Awal
Siswa dan guru bertanya jawab tentang tugas rumah
-
- Kegiatan Inti
- Siswa mendiskusikan hasil tugasnya dengan bimbingan guru
- Siswa berdiskusi menentukan topik sebuah pengumuman yang akan disusun berasal dari rumah lingkungan sekitar.
- Siswa berkelompok mendiskusikan pokok-pokok pengumuman sesuai dengan topik yang telah ditentukan.
- Siswa merangkaikan pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman dengan kalimat yang lugas.
- Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi
- Siswa mendapat tugas berlatih mengumumkan di kelas.
- Kegiatan Inti
- Pertemuan Ketiga (2 x 40 menit)
- Kegiatan Awal
Siswa dan guru bertanya jawab tentang tugas berlatih tentang tugas berlatih.
-
- Kegiatan Inti
- Siswa dengan cara berpasangan mengumumkan pilihan topiknya
- Siswa saling mencermati cara mengumumkan dari segi intonasi, lafal, ekspresi, volume suara, dan kalimat lugas
- Siswa secara bergantian saling mengoreksi cara mengumumkan yang benar.
- Siswa secara bergantian men ilai temannya yang tampil dan memberikan komentar.
- Siswa dan guru memilih tiga orang yang terbaik dalam mengumumkan.
- Tiga orang terbaik hasil pilihan, mengumumkan di depan teman-temannya yang lain.
- Siswa dan guru memberikan komentar dan penilaian kepada penyampai pengumuman
- Siswa terbaik pertama diberi penghargaan dari guru dan teman-teman.
- Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara mengumumkan yang benar.
- Siswa dan guru melakukan refleksi
- Kegiatan Inti
-
- Sumber Belajar
- Contoh-contoh pengumuman
- Surat kabar
- Majalah
- Buku Pelajaran
- Penilaian
- Teknik : Tes unjuk kerja
- Bentuk instrumen : Uji petik kerja prosedur dan produk
- Soal/Instrumen:
- Sumber Belajar
Soal:
-
- Pilihlah topik tentang lingkungan di sekitarmu untuk bahan pengumuman!
- Tentukanlah terlabih dahulu pokok-pokok pengumuman!
- Rangkailah pokok-pokok itu menjadi sebuah pengumuman!
- Umumkan secara lisan dengan menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana serta informasi yang tepat!
Pedoman Penskoran
- Identifikasi Topik
Kegiatan Skor -
-
-
- Siswa menentukan topik kegiatan tentang lingkungan
- Siswa menentukan topik bukan tentang lingkungan
- Siswa tidak menentukan apa-apa
-
-
2 1
0
-
- Identifikasi pokok-pokok pengumuman
Kegiatan Skor -
-
-
- Siswa menentukan pokok-pokok pengumuman dengan tepat
- Siswa menentukan pokok-pokok pengumuman
- Siswa tidak menentukan apa-apa
-
-
2 1
0
-
- Merangkai pokok-pokok pengumuman
Kegiatan | Skor |
|
2
1 0 |
- Mengumumkan secara lisan dengan menggun akan kalimat yang lugas dan sederhana serta intonasi yang tepat.
Rubrik Penilain Mengumumkan
Nama Siswaa : …………………
Tanggal : …………………
Judul cerita : …………………
No. | Aspek | Deskripsi | Rentang Skor | Skor Perolehan |
1 | Kesesuaian isi pengumuman | Isi pengumuman dengan pokok-pokok pengumuman yang disusun | 0 – 40 | |
2 | Pelafalan | Pelafalan kata secara jelas dan tepat | 0 – 20 | |
3 | Jeda dan intonasi | Pengaturan jeda, tinggi rendajh nada, keras lemah suara, dan cepat lambat cerita | 0 – 10 | |
4 | Kelancaran | Pengumuman dibacakan secara lancar | 0 – 10 | |
5 | Gerak/ mimik | Keserasian antara isi pengumuman dengan ekspresi wajah, gerak, sikap, dan ucapan | 0 – 20 | |
Jumlah |
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100
Skor Perolehan
Nilai akhir = x 100
Skor Maksimal
Jakarta, 4 Juli 2006
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
…………………….. Dr