4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
-
Sekolah
:
SMP NEGERI 2 KAPUAS TIMUR
Mata Pelajaran
:
BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester
:
VII / 1
Standar Kompetensi
:
4.
Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
Komepetensi Dasar
:
4.3
Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
Indikator
:
-
Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
-
Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
-
Mampu menyunting teks pengumuman
Alokasi Waktu
:
4 X 40 menit (2 kali pertemuan)
-
-
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
-
menentukan pokok-pokok pengumuman
-
menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
-
menyunting teks pengumuman
-
Materi Pembelajaran
Cara menulis teks pengumuman yang efektif
-
Metode Pembelajaran
-
Tanya jawab
-
Diskusi
-
Inkuiri
-
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
-
-
Kegiatan awal
-
-
Bertanya jawab tentang pengumuman yang pernah dibaca siswa
-
Memperhatikaan penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan memahami isi pengumuman
-
Kegiatan Inti
-
Mengamati dan mencermati teks pengumuman
-
Berdiskusi untuk menentukan topik pengumuman lain yang sesuai dengan konteks kegiatan kelas/sekolah dan menentukan pokok-pokoknya
-
menulis teks pengumuman dengan dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
-
Kegiatan Akhir
-
Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang baru berlangsung
-
Pemberian tugas kepada siswa untuk membuat teks pengumuman
Pertemuan kedua
-
-
Kegiatan awal
-
-
Bertanya jawab tentang pengumuman yang pernah dibaca siswa
-
Memperhatikaan penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan memahami isi pengumuman
-
Kegiatan Inti
-
menyunting teks pengumuman
-
memajang pengumuman di papan pamer kelas/sekolah
-
Kegiatan Akhir
-
Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang baru berlangsung
-
Pemberian tugas kepada siswa untuk membuat teks pengumuman
-
Sumber Belajar
Contoh-contoh teks pengumuman
-
Penilaian
-
Teknik : Tes Unjuk Kerja
-
Bentuk Instrumen : Uji Petik Produk
-
Soal/Instrumen:
-
Buatlah teks pengumuman sesuai dengan konteks kegiatan kelas/sekolahmu dengan terlebih dahulu menentukan pokok-pokok pengumuman kemudian suntinglah teks pengumuman yang sudah kamu susun!
-
-
Pedoman Penskoran
-
Rubrik penilaian
Nama Kelompok :
Kelas :
NO. |
ASPEK PENILAIAN |
SKOR MAX |
SKOR PEROLEHAN |
1. |
Ketepatan menentukan pokok-pokok pengumuman
|
5 3 1 |
|
2. |
Keefektifan penggunaan bahasa
|
5 3 1 |
|
3. |
Kejelasan isi pengumuman
|
5 3 1 |
|
Nilai Siswa diperoleh dengan rumus sebagai berikut:
Skor Perolehan
Skor Maksimal
Nilai = X 100
Format Observasi
No. |
Nama Siswa |
Keseriusan |
Kerjasama |
Keberanian |
Keaktifan |
||||||||||||||||
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Sangat Baik = 5
Baik = 4
Cukup = 3
Kurang = 2
Sangat Kurang = 1
Mengetahui Jakarta, 04 Juli 2006
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
………………………………..