6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMP

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : VII/1

Standar Kompetensi : 6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita

Kompetensi Dasar : 6.2 Bercerita dengan alat peraga

Indikator : 1. Mampu menentukan pokok-pokok cerita

2. Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang menarik

3. Mampu bercerita dengan menggunakan alat peraga berdasarkan pokok-pokok cerita

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu bercerita dengan menggunakan alat peraga yang sesuai dan bahasa yang komunikatif

  1. Materi Pembelajaran

Bercerita

    1. Penyampaian cerita
    2. Bercerita dengan alat peraga
  1. Metode Pembelajaran
    1. Pemodelan
    2. Inquiri
    3. Demonstrasi
  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

    1. Kegiatan Awal
      1. Siswa dan guru bertanya jawab tentang cerita yang telah dibacanya.
      2. Salah seorang siswa mengungkapkan tentang cerita yang telah dibacanya
      3. Siswa bertanya jawab dengan siswa yang telah membaca cerita tersebut.
    1. Kegiatan Inti
      1. Siswa mengamati dan memahami setiap gambar yang tersedia.
      2. Siswa bergabung dengan teman yang lain.
      3. Siswa berdiskusi tentang gambar yang tersedia untuk dijadikan cerita.
      4. Siswa menyusun cerita berdasarkan gambar.
      5. Siswa berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita yang telah disusun.
      6. Siswa merangkaikan pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang menarik.
    1. Kegiatan Akhir
      1. Siswa dan guru melakukan refleksi
      2. Siswa mendapat informasi tentang pembelajaran berikutnya.

Perrtemuan II

  1. Kegiatan Awal
    1. Siswa dan guru bertanggung jawab tentang kegiatan bercerita sebelumnya
    2. Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebalumnya
    3. Siswa menyiapkan alat peraga untuk mendukung cerita
  2. Kegiatan Inti
    1. Siswa berdiskusi untuk menentukan siapa yang akan bercerita bagian awal, bagian tengah dan bagian akhir
    2. Siswa berlatih bercerita dengan alat peraga
    3. Siswa bercerita dengan menggunakan alat peraga berdasarkan pokok-pokok cerita
    4. Siswa lain menanggapi temannya yang unjuk kerja.
  3. Kegiatan Akhir
    1. Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara bercerita yang baik dengan menggunakan alat peraga.
    2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
  1. Sumber Belajar
    1. Buku cerita
    2. Gambar-gambar untuk bercerita
    3. Narasumber
    4. Buku pengantar
  1. Penilaian
    1. Teknik : Tes lisan
    2. Bentuk Instrumen : Tes unjukkerja
    3. Soal Instrumen :
  1. Tentukanlah pokok-pokok cerita yang terdapat di dalam buku cerita!
  2. Berceritaalah dengan menggunakan alat peraga!

Rubrik Penilaian Menentukan Pokok-pokok cerita

Kegiatan Skor
        • Siswa menyusun pokok-pokok cerita dari buku cerita dengan runtut
        • Siswa menyusun pokok-pokok cerita dari buku cerita secara tidak runtut
        • Siswa tidak menuliskan apa-apa
2

1

0

Rubrik Penilaian Bercerita dengan Alat Peraga

No. Nama Siswa Aspek yang Dinilai Jumlah

Skor

Intonasi Kesesuaian alat Keruntutan

cerita

Bahasa komunikatif
1

2

3

4

5

Keterangan Skor:

4 = sangat baik

3 = baik

2 = cukup

1 = kurang

Jakarta, 4 Juli 2006

Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,

Kepala Sekolah,

……………………..

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: