7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
-
Sekolah
:
SMP NEGERI 3 PONTIANAK
Mata Pelajaran
:
BAHASA INDONESIA
Kelas
:
VII / 1
Standar Kompetensi
:
7.1
Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca.
Komepetensi Dasar
:
11.1
Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca.
Indikator
:
- Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca.
- Mampu merangkai pokok –pokok cerita menjadi urutancerita.
- Mampu meneceritakan kembali cerita anak dengan bahasa sendiri scara lisan dan tertulis.
Alokasi Waktu
:
6 X 40 menit
-
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
-
mendata pokok-pokok cerita anak yang dibaca.
-
merangkai pokok-pokok cerita anak yang dibaca menjadi urutan cerita.
-
dapat menceritakan kembali cerita yang dibacanya dengan bahasanya sendiri.
-
Materi Pembelajaran
-
Teks cerita anak
-
Pokok-pokok cerita
-
sistematika bercerita
-
-
Metode Pembelajaran
-
Pemodelan
-
Tanya jawab
-
Diskusi
-
Penugasan
-
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
-
-
Kegiatan awal
-
Siwa memperhatikan guru bercerita .
-
Siswa bertanya jawab masalah cerita yang diperdengarkan.
-
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kompetensi yang akan dikuasai.
-
Siswa mendengarkan penjelasanguru tentang kebermanfaatan kompetensi yang akan diajarkan.
-
- Kegiatan Inti
-
Siswa dibagikan sebuah teks cerita anak secara kelompok.
-
Siswa membaca dalam hati cerita anak yang dibagikan.
-
Siswa berdiskusi kelompok mendata pokok-pokok cerita anak yang dibaca.
-
Siswa berdiskusi keompok meragkai pokok-pokok menjadi urutan cerita.
-
Siswa secara kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
-
Siswa kelompok lain menanggapi dan memberikan penilaian.
-
- Kegiatan Penutup
-
Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran.
-
Siswa diberi tugas untuk menceritakan kembali cerita anak yang sudah dirangkainya.
-
-
Pertemuan kedua
-
-
Kegiatan awal
-
-
Siswa dan guru bertanya jawab tentang pokok-pokok cerita anak yang dibaca
-
Kegiatan Inti
-
Siswa satu per satu maju untuk menceritakan kembali cerita anak yang dibacanya dengan bahasa sendiri
-
Siswa yang lain menanggapi dan memberikan penilaian
-
Kegiatan Akhir
-
Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang baru berlangsung
-
Siswa diminta untuk berlatih meningkatkan kemampuan bercerita untuk persiapan lomba dalam bulan bahasa.
-
Sumber Belajar
-
Buku cerita anak yang berjudul “Koin Mas”
-
Buku Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII / 1 karangan “Subhan dkk” hal.47.
-
-
Penilaian
-
Teknik : Penugasan
-
Bentuk Instrumen : Tes uraian lisan dan tulisan
-
Soal/Instrumen:
- Tuliskan pokok-pokok cerita anak yang berjudul “Sebuah Koin Mass”
-
Rangkaikan pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita
- Ceritakan kembali cerita anak yang berjudul “Sebuah Koin Mass” dengan bahasamu sendiri.
-
-
-
Pedoman Penskoran
-
Rubrik Penilaian Produk
Nama Kelompok :
Kelas :
No. |
Aspek |
Deskriptor |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
Ketepatan pokok-pokok cerita anak |
Isi cerita sesuai dengan pokok-pokok cerita yang disusun |
|
|
|
|
|
2 |
Ketepatan merangkai pokok-pokok cerita |
Cerita yang disusun sesuai dengan alur cerita anak yang dibaca |
|
|
|
|
|
3 |
Kelancaran |
Cara bercerita lancar, tidak terputus-putus |
|
|
|
|
|
4 |
Jeda dan Intonasi |
Pengaturan jeda, tinggi-rendah nada, keras- lemah suara, dan cepat-lambat cerita |
|
|
|
|
|
5 |
Gerak/mimik |
Keserasian antara ekspresi wajah, gerak, sikap, dan ucapan |
|
|
|
|
|
Skor maksimal:
No 1) = 5
No 2) = 5
No 3) = 5
No 4) = 5
No 5) = 5
Penghitungan nilai akhir dalam skala 0—100 adalah sebagai berikut.
|
Perolehan Skor |
|
|
|
Nilai akhir = |
———————— |
X |
Skor Ideal (100) |
= |
|
Skor Maksimum |
|
|
|
Format Observasi
No. |
Nama Siswa |
Keseriusan |
Kerjasama |
Keberanian |
Keaktifan |
||||||||||||||||
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Sangat Baik = 5
Baik = 4
Cukup = 3
Kurang = 2
Sangat Kurang = 1
Jakarta, 04 Juli 2006
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah
………………………………..